logo

Sarinah dan HIPSI Angkat Produk Lokal Kepanjen Malang Lewat Desa Mart

Desa Mart - Sarinah - HIPSI, Pesatnya pertumbuhan ritel modern yang dikembangkan pemilik modal besar sudah mulai merambah ke wilayah pedesaan. Tren ini menyebabkan ketimpangan perekonomian di pedesaan sehingga peritel tradisional semakin sulit bertahan.

Guna mendukung kebijakan pemerataan ekonomi, PT Sarinah (Persero) bersama Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) meresmikan Pembukaan Desa Mart yang bernama Minimarket 99MARTdi Curungrejo, Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu, (12/8/2018).

Abah Leman Direktur Eksekutif HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesia) memaparkan bahwa banyak lingkungan kita yang bisa diproduksi melalui hasil pertanian, pihaknya mengajak mengembangkan perekonomian melalui 99 Mart.

“Bagaimana caranya kita menjadi bangsa yang produktif, tujuan kita bukan untuk menyaingi ini dan itu. Akan tetapi agar anak bangsa seperti khususnya para santri dan masyarakat mampu berkarya untuk produktif dalam perekonomian,” paparnya.

Direktur Eksekutif Hipsi tersebut menambahkan “Alhmdulilah dalam program 99 Mart Sarinah ini ada cabang sampai ke manca Negara,” tandasnya.

Presiden Direktur Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa menjelaskan, minimarket 99MART menawarkan sebuah solusi bagi para peritel nasional, pengusaha lokal maupun BUMDES untuk memasuki dunia usaha minimarket.

Minimarket 99MART fokus kepada penjualan produk andalan lokal. Termasuk melayani jasa seperti pembayaran rekening air, token listrik, internet berlangganan, tiket pesawat dan kereta, jasa pengiriman barang, serta pembiayaan mobil dan motor serta BPJS.

Peresmian pembukaan Desa Mart ‘Minimarket 99MART’ akan dihadiri Kementerian Perkonomian.

“PT Sarinah (Persero) mendapat penugasan dari Kemenko untuk meningkatkan perannya sebagai lokomotif wira usaha setempat. Sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang ritel, salah satu tugas Sarinah adalah menjaga stabilas harga, kualitas, kuantitas, kontinyunitas pasokan yang berkelanjutan dipedesaan dan juga terus mendorong stimulus industri kreatif,” terangnya.

Minimarket 99MART didukung juga PT Pegadaian, PT Pos Indonesia, Bank BNI 46 dan pemerintahan wilayah desa Curungrejo Kepanjen Malang, diharapkan mampu menjadi lokomotif pengembangan ekonomi di pedesaan

Sementara itu, Kades Curungrejo, Sujud AMd.Kep, bersyukur 99MART didirikan di wilayah kerjanya. Dengan adanya 99MART, ia berharap warganya bisa semakin sejahtera “Dari dulu saya sangat ingin meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat desa. Warga yang mempunyai keahlian hingga usaha UMKM bisa berkembang. Seperti produk kripik singkong, ubi, tempe dan hasil pertanian lainnya. Tak lupa juga hasil karya seni lukis yang berada di wilayah kami,” ujar Sujud

Sumber : Surya Malang, Investigasi

Tags: desamart curungrejo, kepanjen, hipsi, sarinah

Tinggalkan komentar disini