logo

Jalankan Bisnis dari Hobi? Ini 6 Hal yang Gak Boleh Diabaikan

Hobi yang kita miliki bukan tidak mungkin bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Pasalnya, selain karena kita sudah memahami seluk beluk dari hobi tersebut, menjalankan bisnis sesuai dengan selera pribadi tentu menjadi hal yang menyenangkan.

Pemilik bisnis Rumah Denim and Jeans, Muhammad Ali Akbar Taufani membuktikan bahwa hobi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Berawal dari kegemarannya mengenakan fashion berbahan baku denim, pria yang akrab disapa Ali itu kini punya usaha jualan celana jeans yang omzetnya menggiurkan.

“Awalnya saya diberikan celana oleh teman saya dari Australia, mereknya imperial denim. dari situ saya hobi dengan celana denim, hobi dengan celana jeans, akhirnya browsing-browsing ternyata bahan lokalnya banyak,” ujar Ali saat berbincang dengan Moneysmart.id di Outlet Rumah Denim, Veteran Bintaro, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Ali pun tak segan untuk membagikan kiat-kiat membuka peluang bisnis dari hobi. Seperti apa kiat-kiatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Abaikan rasa malu

Pertama, dalam menjalankan bisnis yang berawal dari hobi janganlah malu untuk memulai, walaupun usaha tersebut dimulai dari skala yang kecil.

“Kalau dari pengalaman saya, jangan malu untuk mulai dari awal,

karena bisnis itu semuanya dari kecil gak ada yang langsung instan,” kata Ali.

Dalam menjalankan bisnis, tentu ada saja hambatan yang mungkin datang. Ali misalnya, ia sempat mendapat cibiran dari orangtua lantaran dinilai gak akan bertahan lama.

Namun, Ali “tebal muka”. Ia yakin bahwa apa yang sudah ia mulai bisa berhasil. Alhasil, dengan fokus dan gigih mengembangkan usahanya, Ali kini menuai hasil kerja kerasnya.

 

Jangan malas buat belajar

Kedua, terus belajar dan jangan pernah malas untuk mempelajari bisnis yang digeluti. Dengan cara itu, kamu akan semakin paham dan mengerti alur bisnis yang dijalankan.

“Jangan malas browsing cari referensi, sekarang kan udah mudah banget ada internet, jangan males lah, kalau males gak akan jalan,” jelas pria yang usaha jualan celana jeansnya sudah beromzet ratusan juta hingga satu miliar per bulan itu.

 

Perbanyak koneksi

Ketiga, menurut Ali, kamu harus memperluas jangkauan koneksi. Semakin banyak kamu punya kenalan, semakin besar juga peluang kamu buat memperkenalkan diri dan juga bisnis yang kamu jalankan.

Langkah konkret untuk memperluas koneksi ini misalnya adalah dengan mengikuti pelatihan atau bahkan event-event bazar dan pameran. Lewat cara itu, produk usaha kamu akan lebih dikenal konsumen.

“Kembangkan koneksi yang banyak. Kalau gak punya modal, minimal koneksi lah, bisa jadi reseller, semua kalau niat bisa aja, walaupun tidak ada modal,” kata pria yang kini sudah mempunyai lima outlet usaha itu.

 

Tetap profesional

Kiat keempat yang bisa kamu tiru untuk mengembangkan peluang bisnis dari hobi adalah menentukan arah bisnis itu sendiri. Buatlah business plan, karena bukan berarti bisnis yang berawal dari hobi bisa dijalankan sesuka hati. Kamu tetap harus profesional.

“Planning penting pastinya untuk kelancaran bisnis itu sendiri, karena kalau tanpa planning, tanpa visi misi, ujungnya berantakan, dan kalau gak fokus satu dengan planning itu pasti berantakan,” ungkap Ali.

 

Mental harus kuat

Yang kelima dan gak kalah penting, kamu harus persiapkan mentalmu. Mental yang kuat harus dimiliki. Soalnya, dalam berbisnis pasti ada naik dan turun. Gak selamanya bisnis akan berjalan mulus sesuai keinginan.

Adakalanya bisnis menemui hambatan, mulai dari pasokan bahan baku, sepinya orderan, hingga persaingan dengan kompetitor.

 

Pisahkan uang untuk usaha dengan uang pribadi

Kiat keenam, pisahkan keuangan pribadi kamu dengan bisnis. Hal ini penting dilakukan agar tidak tercampurnya kebutuhan pribadi dengan bisnis.

Jangan sampai kamu tergoda buat memakai uang kas usaha meskipun kepepet sekalipun. Kalau itu sampai terjadi, yang ada nanti usaha kamu yang jadi korban.

“Kas perusahaan harus yang gak bisa diotak atik, itu buat cadangan buat darurat segala macam, makanya kalau kita sebagai owner usaha jangan cepat puas, nanti ada titik dimana menikmati hasil jerih payah kita sendiri,” papar Ali yang kini telah mampu menggaji 42 karyawan tersebut.

 

Bagaimana? Sudah siap menjalankan peluang bisnis dari hobi? Jangan lupa perhatikan kiat-kiat di atas ya. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber : moneysmart

Tags: Hobi, Bisnis, Kiat,

Tinggalkan komentar disini