logo

Awas! 5 Hal Sepele Ini Biang Kerok yang Bikin Bisnis Kamu Bangkrut Lho

Masalah bisnis bangkrut emang menjadi faktor utama yang ditakutkan banyak orang. Hal itulah yang membuat orang enggan “nyemplung” berbisnis.

Ya, memang sih yang namanya bisnis itu penginnya sukses dan bisa meraup pundi-pundi kekayaan. Meski begitu, kegagalan memang tetap terus menghantui.

Tapi, tahukah kamu kalau banyak sekali miliarder yang sukses setelah berpuluh-puluh kali mengalami kegagalan dan penolakan.

Salah satunya adalah pemilik KFC, Colonel Sanders yang mesti menjual seluruh propertinya buat keliling dari kota satu ke kota lainnya buat menawarkan resep ayam goreng yang ia ciptakan.


Sayangnya, lebih dari 1.000 restoran menolak resep yang ditawarkan. Gak menyerah, Sanders terus berkeliling hingga di restoran ke 1.008 membeli resepnya dan mengembangkan usaha waralabanya yang diberi nama KFC (Kentucky Fried Chicken). Kini KFC menjadi salah satu makanan cepat saji yang udah terkenal di seluruh dunia.

Karena itu, jangan takut memulai bisnis dengan alasan gak mau bangkrut. Nah, tapi tahukah kamu kalau ternyata ada hal sepele yang ternyata bisa bikin bisnis kamu bangkrut lho.

Apa aja itu? Berikut lima di antaranya


1. Gak bisa mengelola pendapatan


Kesalahan sepele pertama yang bisa bikin bisnis kamu berantakan adalah karena gak bisa mengelola pendapatan. Kalau kamu udah gak bisa megelola pendapatan, bakal repot banget sih menjalankan usaha yang tengah berjalan saat ini.

Maksudnya di sini keuntungan yang diperoleh dari bisnis itu disebut sebagai pendapatan. Nah, saat pebisnis gak bisa mengelola pendapatan tersebut, maka dapat dipastikan kalau bisnis yang ia jalani akan gulung tikar.

Pasalnya, pendapatan yang didapatkan itu gak sepenuhnya milikmu karena kamu harus membayar gaji karyawan setiap bulan. Gak cuma buat bayar karyawan, kamu juga mesti memikirkan biaya operasional.

Selain itu, jangan hanya memperkaya diri sendiri tapi pikirkan juga kesejahteraan karyawan, salah satunya adalah dengan memberikan gaji yang layak dan dapat mensejahterakan mereka.


2. Gak mau cari investor


Sebenarnya dalam bisnis itu udah jadi hal wajar kalau berutang. Bisa dibilang berutang itu merupakan salah satu jalan buat memperoleh tambahan modal.

Tapi berutang yang seperti gimana dulu nih? Ya, mencari investor yang bisa menyokong modal bisnis kamu. Biasanya, ada pembagian keuntungan antara kamu dengan investor. Kalau soal itu, buatlah kesepakatan yang gak memberatkan satu sama lain.

Baca juga: Yuk Belajar Bangkit dari Kebangkrutan Lewat Film Pursuit of Happyness, Caranya?

Kalau bisnis yang kamu geluti memiliki prospek jangka panjang yang menggiurkan, investor juga gak akan sungkan kok buat menanamkan modal buat bisnis kamu.

 

3. Kurang bisa merancang bisnis


Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memulai bisnis adalah dengan membuat pengelolaan bisnis yang tepat agar usaha yang kamu jalankan dapat berjalan lancar.

Karena itu, buatlah rancangan bisnis sebaik mungkin, mulai dari manajemen, produksi, keuangan serta pemasaran. Gak cuma itu, barang yang kamu perjualbelikan juga mesti memiliki kualitas baik.

Dalam menjalankan bisnis emang mau gak mau mesti bersaing dengan kompetitor yang ada. Maka dari itu, kamu mesti bikin business plan buat setahun ke depan. Mencari pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan bisa kamu masukan dalam rencana bisnis.


4. Menomorduakan konsumen


Kamu tentu udah gak asing lagi dengan istilah kalau “pembeli itu adalah raja”. Karena itu, layani konsumen dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kamu pasang muka gak enak atau gak ramah ke pelanggan.

Bisa-bisa pelanggan kamu kabur ke tempat lain yang jauh lebih baik memberikan pelayanan dalam usaha. Makanya sejak dini yang punya usaha juga mesti gimana menarik hati pelanggan agar tetap memilih tempat usaha kamu.

Kalau kamu menomorduakan konsumen atau bersikap gak baik dengan konsumen, siap-siap aja bisnis bakal sepi dan ujung-ujungnya terpaksa mesti gulung tikar.


5. Menyepelekan nominal kecil

Banyak orang yang berhasil membeli barang mewah dengan uang koin. Begitu juga dengan bisnis, keuntungan seberapa pun yang kamu dapatkan mesti disyukuri.

Pasalnya, gak sedikit orang yang sering mengabaikan keuntungan kecil. Padahal, keuntungan kecil itu bisa menjadi besar lho kalau kamu menghargainya.

Kalau peribahasa bilang, “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Karena itu, sekecil apapun nominal keuntungan yang kamu dapatkan, jangan pernah disepelekan ya.

Nah, itu dia lima faktor sepele yang tanpa disadari menjadi biang kerok bisnis kamu mengalami kebangkrutan. Karena itu, hal sekecil apapun jangan pernah dianggap remeh ya.

Buat kamu yang udah menjalankan bisnis emang mesti melihat sisi kecil seperti ini agar usaha tetap berjalan dengan lancar. Bikin pelanggan suka dengan pelayanan serta barang yang kamu jual di tempat bisnis sekarang ini.

Kalau kamu berikan pelayanan yang baik, mau gak mau pembeli pasti bakal bolak-balik bahkan mencari tempat bisnis saat ini. Dan kalau bisa kamu juga jangan pernah merasa tinggi karena bisnis yang dijalankan sekarang sedang sukses banget.

 

 

Sumber: moneysmart

Tags: Bisnis, hal membuat bangkrut, sepele,

Tinggalkan komentar disini